Beranda Rilis Berita Pemkab Bolmong Gelar Bimtek Rekomendasi Statistik Sektoral

Pemkab Bolmong Gelar Bimtek Rekomendasi Statistik Sektoral

66

News Bolmongkab.  Pdemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow  melalui Dinas Komunikasi dan informatika meng gelar Bimbingan Teknis penginputan dan penyusunan rekomendasi Statistik Sektoral tentang pengisian data pada aplikasi Rekomendasi Statistik ( Romantik) dan Metadata Statistik Kegiatan ( MS- Kegiatan) di ruang rapat Bappeda , Kamis (05/09/2023).

Kegiatan ini, kelanjutan dari rapat forum satu data Bolmong yang dilaksanakan  tanggal 26 September lalu

Bimtek yang dilakukan pada Kamis, (05/10/2023) lalu, yang diikuti OPD lingkup Pemkab Kabupaten Bolaang Mongondow

Kepala Diskominfo Bolmong  Marief Mokodompit. S.Kom berharap Bimtek yang digelar.  mampu meningkatkan pemahaman, kemampuan dan keterampilan bagi operator Satu Data di Lingkup Pemkab Bolmong  yang diaplikasikan dalam penerapan aplikasi.

“Tujuannya adalah untuk memudahkan pelaporan kegiatan statistik yang akan dilaksanakan oleh masing-masing perangkat daerah di lingkungan Pemkab Nganjuk. Hal ini diungkapkan oleh Kadis Kominfo saat memberikan materi pengisian Aplikasi ROMANTIK kepada para peserta.

“ROMANTIK Online ini merupakan aplikasi berbasis web untuk pengelolaan rekomendasi kegiatan-kegiatan statistik. BPS menyediakan aplikasi ini guna memudahkan pelaporan serta pengelolaan rekomendasi kegiatan statistik secara online,” jelas Rahmadi sembari menjelaskan di dalam aplikasi ROMANTIK Online ini, tersedia fitur-fitur yang dapat dilihat pada alamat https://romantik.bps.go.id

Rahmadi menjelaskan , OPD yang akan menyelenggarakan survei statistik sektoral diwajibkan melaporkan kegiatan statistik yang akan dilaksanakan kepada BPS.

Kepala Bidang Persandian dan Statistik Imran Paputungan mengatakan Pemberitahuan rancangan kegiatan statistik yang berupa survei dan kompilasi produk administrasi (kompromin) dari instansi pemerintah ke BPS dilakukan melalui ROMANTIK.

“BPS akan meneliti dan memeriksa rancangan kegiatan statistik tersebut untuk kemudian akan memberikan rekomendasi dalam proses perencanaan pengumpulan data,” bebernya

Imran Paputungan menyampaikan, saat ini kegiatan statistik tidak hanya dilakukan oleh Badan Pusat Statistik saja. Akan tetapi, juga dilaksanakan oleh OPD di instansi Perangkat Daerah lainnya.

Dijelaskan Imran paputungan, Data statistik sektoral menjadi salah satu kebutuhan dasar bagi pemerintah daerah dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, serta mengendalikan pembangunan suatu daerah. Guna mencapai pembangunan yang tepat dan merata.

“Oleh karena itu, data harus akurat, dapat dipertanggung jawabkan, guna menunjang perencanaan dalam pembangunan Kabupaten Bolmong,” pungkasnya.

Maka dari itu, sebagai walidata Kabupaten Bolmong Imran  menyebut Diskominfo bertugas untuk membantu menyajikan data sektoral daerah yang efektif dan tepat sasaran. Mewujudkan Satu Data Kabupaten Bolmong  guna mendukung terselenggarakannya Satu Data Indonesia (SDI).