Beranda Rilis Berita BKPP Gelar Workshop Indeks Profesionalitas ASN melalui Aplikasi SAPK

BKPP Gelar Workshop Indeks Profesionalitas ASN melalui Aplikasi SAPK

86

Bolmong,- Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bolaang Mongondow menggelar Workshop Pengukuran Indeks Profesionalitas ASN dan Integrasi data penilaian prestasi kerja PNS melalui Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian, Hari ini 10/10/2019 di Kantor BKPP Bolmong.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Drs. Ashari Sugeha.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut Surat Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor K.26-30/V146-1/99 tanggal 15 oktober 2019 perihal pengukuran Indeks Profesionalitas ASN.

Asisten Bidang Administrasi Umum Drs. Ashari Sugeha kegiatan ini dilaksanakan serentak secara nasional sesuai peraturan menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan reformasi dan Birokrasi Nomor 38 tahun 2018 tentang Pengukuran Indeks Profesionalitas ASN.

Menurutnya Peraturan Badan ini bertujuan agar terdapat standar bagi Instansi Pusat dan Instansi Daerah dalam melaksanakan Pengukuran Indeks Profesionalitas ASN secara sistematis, terukur, dan berkesinambungan.

Lebih lanjut dia mengatakan Pengukuran Indeks Profesionalitas ASN dilaksanakan di Instansi Daerah yang pelaksanaannya dikoordinasikan oleh unit kerja yang bertanggung jawab dalam pengelolaan Pegawai ASN pada masing-masing instansi.

Dia menambahkan Secara teknis, kriteria Pengukuran tingkat Profesionalitas ASN diukur melalui dimensi Kualifikasi, Kompetensi, Kinerja, dan Disiplin.

Selanjutnya kepada para peserta dibekali tentang cara dan metodologi pengukuran indeks profesionalitas ASN dan para peserta menerapkan pengukuran indeks untuk masing-masing OPD.