Beranda Rilis Berita UPTD Pengujian Kendaraan Bolmong Layani Puluhan Kendaraan untuk Uji Berkala Gunakan Sistem...

UPTD Pengujian Kendaraan Bolmong Layani Puluhan Kendaraan untuk Uji Berkala Gunakan Sistem BLU-E

312

Bolmong,- Puluhan Kendaraan Bermotor dari berbagai daerah di sulawesi Utara harus antri setiap harinya untuk mendapatkan pelayanan Uji Berkala Kendaraan di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Kabupaten Bolaang Mongondow.

Kendaraan Yang Antri Untuk mendpatkan Pelayanan Uji BerkalaKendaraan Bermotor

Hal ini disebabkan di Sulawesi Utara baru UPTD PKB Bolmong yang beroperasi menggunakan sistem Bukti Lulus Uji Elektronik (Blu-e) menggantikan bukti lulus uji KIR yang dulunya berbentuk buku.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bolaang Mongondow Sugih Artho Banteng mengatakan kendaraan luar daerah yang akan melakukan uji kendaraan di UPTD PKB Bolmong harus mendapatkan rekomendasi dari UPTD PKB daerah yang bersangkutan.

Sertifikat Tanda Lulus Uji

“Kendaraan yang telah melalui uji berkala kendaraan melalui Sistem Blu-e akan terkoneksi langsung dengan Kementerian Perhubungan dan sudah memiliki kode wilayah Bolmong yaitu Bolag”, Ungkap Sugih Artho.

Menurutnya dampak baru UPTD PKB Bolmong yang saat ini di Sulawesi Utara tentunya memberikan dampak bagi Pendapatan Asli Daerah.

Sugih Arto menjelaskan BLU-e terdiri dari dua sertifikat tanda lulus uji, dua stiker hologram dengan QR Code yang ditempel pada kaca depan kendaraan dan satu Smart Card dengan teknologi NFC.

“kualitas pelayanan di setiap UPUBKB yang sudah menerapkan smart card meningkat. Masyarakat tidak akan ragu lagi melakukan uji berkala dengan prosedur resmi” Jelas Sugih

Dia menambahkan Prosedur Pelayanan Uji berkala kendaraan bermotor akan menggunakan Protokol Kesehatan.

Diketahui, Baru Balai Pengujian Kendaraan Bermotor  Bolmong yang menerapakan Uji berkala Kendaraan menggunakan Sistem Bukti Lulus UJi Elektronik (BLU-E) di Sulawesi Utara .