Beranda Rilis Berita Tingkatkan Kapasitas Sekdes dan Bendahara Desa, Dinas PMD Bolmong Gelar Pelatihan Pengelolaan...

Tingkatkan Kapasitas Sekdes dan Bendahara Desa, Dinas PMD Bolmong Gelar Pelatihan Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa

0

Bolmong,- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Jumat (9/8) lalu, membekali ratusan Sekretaris dan Bendahara Desa tentang pengelolaan keuangan dan aset desa. Kegiatan yang digelar di Gedung Rahmadina Lolak ini, dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolaang Mongondow, Tahlis Gallang. Sekda dalam sambutan pembukaan, menegaskan bahwa pelatihan terkait pengelolaan keuangan desa sangat penting untuk dilakukan terhadap Sangadi dan perangkat desa. Terutama Sekretaris Desa sebagai koordinator pengelolaan keuangan desa dan Bendahara Desa sebagai pengelola keuangan desa.
“Sekretaris Desa dan Bendahara perlu memahami pengelolaan keuangan desa. Jangan sampai faktor ketidaktahuan Sekretaris maupun Bendahara mengakibatkan amburadulnya pengelolaan keuangan desa” tegas Sekda dalam sambutan di hadapan peserta pelatihan.
Menurut Sekda, sudah cukup proses pembelajaran yang diberikan oleh pemerintah kepada desa, sejak bergulirnya dana desa tahun 2015 lalu. Untuk itu, pemerintah desa mulai tahun 2019 ini harus lebih serius dan hati-hati dalam pengelolaan keuangan desa.
“Saya ingatkan kepada bapak dan ibu sekalian, jangan sampai kasus hukum akibat pengelolaan keuangan desa yang dialami oleh desa di daerah lain, terjadi di Kabupaten Bolaang Mongondow” tegas Sekda.
Sekda minta kepada para peserta, untuk memanfaatkan pelatihan tersebut untuk menimba ilmu pengelolaan keuangan dengan baik, terutama materi yang akan disampaikan oleh narasumber dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara.
Dalam pelatihan tersebut, Dinas PMD menghadirkan berbagai narasumber. Yakni Sekda Kabupaten Bolaang Mongondow Tahlis Gallang, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Bolaang Mongondow Fico Mokodompit, serta 2 narasumber dari BPKP Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara, I Ketut Parwata dan Ma’mun Murodin, yang memberikan materi terkait aplikasi Sistem Informasi Keuangan Desa (Siskeudes).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.