Beranda Rilis Berita Seriusi Pencegahan Stunting, Dinas PMD dan Tenaga Ahli P3MD Bolmong Latih Sangadi...

Seriusi Pencegahan Stunting, Dinas PMD dan Tenaga Ahli P3MD Bolmong Latih Sangadi dan KPM

0

Bolmong,- Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa) Tahun Anggaran 2019 mendatang, program pencegahan stunting atau pencegahan anak kerdil akan menjadi prioritas dalam penggunaan dana desa. Demikian diungkapkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bolaang Mongondow, Achmad Yani Damopolii. Menurut Damopolii, hal ini sesuai dengan intruksi dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Hal ini sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat melalui program lintas kementerian. Untuk Dana Desa, pelaporan kasus stunting di desa akan menjadi salah satu syarat dalam pencairan dana desa tahap III (ketiga) tahun anggaran 2019 ini.
“Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 193 tahun 2019 tentang pengelolaan dana desa, ada salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh desa dalam pencairan dana desa tahap ketiga tahun 2019 ini. Yakni satu form terkait pelaporan stunting di desa masing-masing” ungkap Damopolii.
Sementara itu, Kepala Bidang Bina Pemerintahan dan Pengembangan Desa Dinas PMD, Isnaidin Mamonto mengemukakan, dalam rangka mendukung program tersebut, dilaksanakan pelatihan Inovasi Pembangunan Sumber Daya Manusia, yang diikuti oleh Sangadi dan Kader Pembangunan Manusia (KPM) di 200 desa di Kabuopaten Bolaang Mongondow. KPM ini sendiri memerupakan kader di desa yang memiliki tugas dan tanggungjawab untuk mewujudkan konvergensi pencegahan stunting di desa. Terutama memastikan dan mengawal terakomodirnya program pencegahan stunting dalam APB Desa. Menurut Mamonto, kegiatan ini dibagi dalam 3 cluster atau wilayah. Yakni cluster passi- lolayan ditambah Kecamatan Dumoga pada tanggal 5 sampai dengan 6 agustus 2019, cluster dumoga raya pada tanggal 8 sampai dengan 9 agustus 2019, dan cluster pantura pada tanggal 13 sampai dengan 14 agustus 2019. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Tamasya Kotamobagu.
Di sisi lain, Koordinas Kabupaten Tenaga Ahli Profesional Pendampingan Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Bolaang Mongondow, Christian Mokalu menegaskan, pihaknya akan serius untuk mengawal program ini. Dimana, hal ini sesuai dengan instruksi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Untuk itu, pihaknya minta kepada para Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD) se-Kabupaten Bolaang Mongondow, untuk proaktif dan serius mengawal program konvergensi pencegahan Stunting ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.