Beranda Rilis Berita Polres dan Pemkab Bolmong Gelar Apel Pasukan Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam di...

Polres dan Pemkab Bolmong Gelar Apel Pasukan Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam di Bolmong

25

Bolmong,- Polres Bolaang Mongondow (Bolmong) bersama Pemerintah Kabupaten Bolmong  melaksanakan Apel gelar pasukan dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam di wilayah Kabupaten Bolmong.

Peserta apel terdiri dari  1 peleton Dinas Perhubungan, Satu Peleton Satuan Polisi Pamong Praja, Satu Peleton Polres Bolmong, Satu regu Personil BPBD, Satu Regu Personil  dinas kesehatan, dan dari Basarnas. Masing – masing dengan kelengkapan peralatan penanggulangan bencana

Apel kesiapsiagaan di pimpin langsung oleh Asisten Satu Setda Bolmong Deker Rompas Selasa, 26/10/2021 di Lapangan Kantor Bupati Bolmong.

Komandan Apel didampingi oleh Wakapolres Bolmong, Kepala Satpol PP Bolmong, Kadis Perhubungan dan dari BPBD dan Dinas Kesehatan melakukan inspeksi langsung kesiapan Pasukan Apel Siaga kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam di wilayah Kabupaten Bolmong.

Asisten Satu Setda Bolmong Deker Rompas dalam sambutannya mewakili sekda Bolmong menyampaikan Apel siaga ini sangat penting dan strategis dalam rangka kesiapan dan kewaspadaan kita semua dalam menghadapi bencana alam ini di wilayah bolmong.

Menurutnya wilayah kabupaten Bolmong ila di tinjau dari aspek geografis memiliki potensi terjadinya bencana alam yang cukup tinggi serta bencana hidrometorologi yaitu bencana yang di pengaruhi oleh faktor cuaca seperti bencana tanah longsor, banjir, angin puting beliung, banjir bandang, kebakaran hutan dan bahkan bencana tsunami.

Meskipun kata deker bencana tersebut tidak diharapkan, namun kita semua untuk tetap siaga dan selalu waspada apabila terjadi sewaktu – waktu.

“Sejak dua bulan ini Bolmong mengalami intensitas hujan skala sedang sampai tinggi, seingga berdampak terjadinya banjir dan longsor di sejmlah wilayah”. Ungkap Deker.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)  dalam rilisnya melalui dokumen kaian resiko bencana   tahun 2021 mengatakan bahwa kabupaten bolmong saat ini berada pada kategori sedang sampai kategori tinggi potensi  terjadinya bencana alam.

Untuk itu, BNPB juga telah memberi intruksi kepada BPBD Provinsi dan BPBD Bolmong untuk meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi potensi  bahaya hidromeorologi salah satunya dengan melakukan koordinasi multi pihak.

Lanjut Deker mengatakan pelaksanaan apel gelar pasukan ini  merupakan bentuk respon pemerintah daerah bersama pihak terkait guna mengantisipasi terjadinya kejadian bencana alam secara terpadu oleh pemerintah daerah, TNI, Polri serta relawan   bahkan organisasi dan masyarakat luas.