Beranda Rilis Berita Pemkab Bolmong Himbau masyarakat Waspada terhadap Cuaca Ekstrim dan Musim Hujan

Pemkab Bolmong Himbau masyarakat Waspada terhadap Cuaca Ekstrim dan Musim Hujan

67

Bolmong,- Masyarakat Bolmong di minta waspada terhadap bakal Curah hujan dan cuaca ekstrim pada bulan ini.
Berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatoligi dan Gefisika (BMKG) khususnya di Kabupaten Bolmong bakal terjadi curah hujan dan cuaca ekstrim.

Apalagi memasuki Bulan Februari dan Maret, masyarakat di 15 Kecamatam se Bolmong diminta waspada jika sewaktu-waktu cuaca ekstrim mengintai.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolmong, Haris Dilapanga, Senin (03/02) kemarin.

Menurutnya, seluruh masyarakat yang ada di bantaran sungai, di lereng gunung, di pesisir pantai maupun nelayan dan para pengguna jalan agar waspada dengan kondisi curah hujan saat ini. “Diharapkan kepada seluruh masyarakat agar berhati-hati dengan kondisi cuaca saat ini.” ungkap Haris melalu keterangan tertulisnya.

Dirinya juag mengimbau, kondisi yang terbilang ekstrim ini diperkirakan akan terjadi sampai dengan bulan depan, yakni bulan maret. Untuk itu, pihaknya sudah membuat surat imbauan yang nantinya akan ditanda tangani oleh Sekda Bolmong Tahlis Gallang kemudian akan di sebarkan ke seluruh kecamatan untuk mengantisipasi kejadian yang tidak sewaktu-waktu dapat terjadi.

“Iya, cuaca ekstrim ini akan diperkirakan terjadi sepanjang bulan februari dan maret, maka itu bagi seluruh masyarakat terutama yang ada di bantaran sungai seperti di kecamatan Poigar, Dumoga, kompleks sungai Ongkag dan di lereng-lereng gunung agar berantisipasi terhadap banjir, tanah longsor, dan banjir bandang.

Kemudian untuk orang tua agar memperhatikan anak-anak untuk menjauhi daerah sungai dan kepada pengguna jalan, baik pejalan kaki maupun yang berkendaraan agar waspada dengan pohon tumbang. Pihak kami sudah mengeluarkan imbauan untuk seluruh kecamatan yang ada di Bolmong. Di dalam surat itu ada tujuh poin penting yang nantinya harus diketahui masyarakat. Poin-poin tersebut intinya adalah imbauan agar seluruh masyarakat dapat waspada dalam kondisi cuaca hujan seperti saat ini.” pungkas Dilapanga.