Beranda Rilis Berita Pemkab Bolmong Gelar FGD Penyusunan Kajian Kesenian Tradisional  Di Bolmong

Pemkab Bolmong Gelar FGD Penyusunan Kajian Kesenian Tradisional  Di Bolmong

 

Bolmong,- Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow )Bolmong) Melalui Badan perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar acara penelusuran jejak kesenian tradisional dalam rangka penyusunan kajian kesenian tradisional  di kabupaten bolaang mongondow.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh kepala Bappeda Bolmong Ir Taufik Mokoginta  Minggu, 06/06/2021 di Gedung  Pertemuan Bontean Desa Bilalang 1.

Hadir sebagai narasumber  Tokoh Budaya Bolmong Hairun Mokoginta, SE dan dihadiri oleh tokoh – tokoh masyarakat Passi Bersatu dan Bilalang serta pelaku – pelaku kesenian tradisional Bolmong.

Dalam Sambutannya kepala Bappeda Bolmong Ir Taufik Mokoginta mengatakan kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya pemerintah Kab Bolmong dalam rangka merevitalisasi dan melestarikan serta melakukan regenerasi pelaku kesenian tradisional kab Bolmong  ditengah kerasnya pengaruh arus globalisasi dunia saat ini.

“sehingga kesenian tradisional Bolmong sudah mulai ditinggalkan bahkan dilupakan kaum generasi muda, jika hal ini tidak segera dilakukan maka kesenian tradisional Bolmong akan mengalami kepunahan dan tidak ada jejak sama sekali” Ungkap Taufik

Namun kondisi saat ini , Taufik katakan kesenian tradisional bolaang bongondow semakin kurang diminati oleh masyarakat terutama generasi muda, bahkan banyak yang tidak mengetahui asal usul  kesenian tradisional yang ada di sekitarnya.

“Kuatnya arus globalisasi dan teknologi informasi yang terjadi sekarang ini menyebabkan terjadinya pergeseran nilai-nilai kebudayaan yang ada di masyarakat indonesia termasuk kebudayaan dan kesenian tradisional bolaang mongondow” Pungkas Taufik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.