Beranda Rilis Berita Pemkab Bolmong Gelar Bimtek SIPD Penyusunan Renja Tahun 2022

Pemkab Bolmong Gelar Bimtek SIPD Penyusunan Renja Tahun 2022

 

Bolmong,- Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow  (Bolmong) Melalui  Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow menggelar  Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Tahun 2022.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 8 – 10 Juni 2021 di Hotel Quality Manado dan dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bolmong Tahlis Gallang

Pelaksanaan bimtek ini berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi  Pemerintahan Daerah (SIPD), Permendagri  Nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan,  pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah dan rencana kerja pemerintah daerah.

Peserta Bimtek berasal dari 32 Organisasi perangkat Daerah   dan 15 Kecamatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow yang di ikuti oleh Sejumlah pimpinan Tinggi Pratama Organisasi Perangkat daerah  dan Kasubag Program, Keuangan dan Pelaporan  OPD dan kecamatan.

Selain itu, Kegiatan ini diikuti oleh Anggota DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow.

Sebagai narasumber pada kegiatan Bimtek SIPD ini berasal dari Kementerian Dalam Negeri

Dalam sambutannya, Sekda Bolmong Tahlis Gallang berharap kegiatan bimtek ini dapat memberikan manfaat bagi Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow

Sekda memberikan apresiasi kepada Bappeda Bolmong ini merupakan satu langkah terobosan yang luar biasa sebagai salah satu upaya untuk mengurai masalah antara pihak eksekutif dan legislatif.

“Melalui Bimtek ini permasalahan antara ekseskutif dan legislatif yang kadang – kadang hanya di picu salah persepsi masing – masing pihak, sehingga Bappeda mempunyai inisiatif untuk    dapat diselesaikan secara bersama – sama antara kedua belah pihak” harap sekda

Menurut sekda Dalam rangka untuk memudahkan penyampaian informasi dari pejabat pemerintahan daerah kepada masyarakat umum, maka diperlukan sebuah aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD). SIPD merupakan sistem untuk mengelola informasi pembangunan daerah, keuangan daerah dan pemerintahan daerah yang saling terhubung.

Sekda menjelaskan yang terundang dalam Bimtek kali ini tidak semua pimpinan SKPD di undang, hanya Kasubag program Keuangan dan Pelaporan semua di undang, sebab kehadiran Pimpinan SKPD berkaitan dengan usulan  pokok – pokok Pikiran yang diusulkan oleh Legislatif.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.