Beranda Rilis Berita Pemkab Bolmong Bentuk Germas  Tingkat Kabupaten

Pemkab Bolmong Bentuk Germas  Tingkat Kabupaten

60

 

Bolmong,- Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu sistematis dan terencana yang dilakukan bersama sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup dan Germas dimulai dari keluarga karena keluarga adalah bagian terkecil dalam masyarakat untuk membentuk suatu kepribadian.

Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang mongondow menggelar Pembentukan Forum Komunikasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang bertempat di Ruang Rapat Dinas Kesehatan, Kamis 1/7/2021.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bolmong Erman Paputungan yang diwakili Sekretaris  Dinas Kesehatan Julin Papuling  menyampaikan bahwa Dinas Kesehatan merupakan instansi teknis pelaksanaan Germas yang mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 18 dan bergantung pada pusat dan provinsi untuk mekanisme pembentukannya, dan untuk leading sektor forum komunikasi nya dibawah Bappeda kabupaten Bolmong.

 

Dalam Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, Pemerintah kabupayen Bolaang Mongondow menyusun panduan yang dijadikan acuan untuk Pimpinan Daerah, Pimpinan Institusi Pemerintahan ,masyarakat dan dunia usaha untuk mengawali dan melaksanakan kegiatan Germas di lingkungan masing-masing.

Dikatakan Julin bahwa esensi dan fungsi bahwa Germas ini adalah milik bersama dan hal-hal yang mengandung hajat hidup orang banyak dan masalah kesehatan, pendidikan pun menjadi tanggung jawab kita bersama.

 

Dalam kehidupan sehari-hari, praktik hidup sehat merupakan salah satu wujud revolusi mental, Germas mengajak masyarakat untuk membudidayakan hidup sehat agar mampu mengubah kebiasaan buruk atau perilaku yang tidak sehat.

Hadir dalam Pembentukan Germas perwakilan Bappeda Bolmong, Dinas pertanian, Dinas kelautan dan Perikanan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pendidikan, Dinas Kominfo, Dispora serta perwakilan Kecamatan dan Puskesmas pada 15 Kecamatan.