Beranda Rilis Berita Pembangunan Bandara Loloda Mokoagow di Suport Pemprov Sulut

Pembangunan Bandara Loloda Mokoagow di Suport Pemprov Sulut

 

Bolmong,- Bandar Udara Loloda Mokoagow di kabupaten Bolaang Mongondow akan terus di dorong oleh pemerintah Propinsi Sulawesi Utara hingga bisa secepatnya selesai.

Kepala Dinas Perhubungan Sulut  Dr. Lynda D Watania,MM.,MSi saat lakukan kunjungan ke kabupaten Bolmong, Kamis pekan lalu(05/11/2020) mengatakan Komitmen Gubernur Sulut Olly Dondokambey sangat jelas, bahwa pemerintah provinsi sulut akan terus membantu dan mensuport pembangunan bandara di kabupaten Bolmong hingga pembangunannya selesai.

Ia mengakui, pemerintah Provinsi menaruh harapan besar dibangunnya bandara dikabupaten Bolmong ini, yakni dengan bisa meningkatnya pertumbuhan ekonomi di daerah sekaligus dapat menciptakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat.

Selain itu, kata Kadis akan mempermudah transportasi bukan hanya bisa lewat darat laut tapi juga udara dengan begitu akan lebih mempermudah investor datang ke daerah.

“Pemerintah Provinsi juga sudah melihat bahwa potensi investasi di BMR cukup baik terutama dengan adanya KIMONG oleh pemerintah Bolmong, sehingga sangat tepat kalau dibangun bandara untuk memperlancar kedatangan investor,” Terangnya.

Dengan demikian maka pemerintah provinsi bersama dengan daerah akan terus berjuang untuk pembangunan Bandar Udara ini.

“ Ini dikarenakan karena melihat kebutuhan warga di wilayah Bolaang Mongondow Raya (BMR), karena bapak olly menyadari ini merupakan salah satu kebutuhan masyarakat guna peningkatan perekonomian warga,” kata kadis.

Ditambahkannya juga, pembangunan Bandar Udara ini, merupakan salah satu prioritas pemerintah daerah Sulut di sektor perhubungan untuk daerah-daerah perbatasan.

Kepala Dinas Perhubungan Kab. Bolmong Sugi Arto Banteng melalui Sekretaris Dinas Zulfadhli Binol menambahkan, bahwa pengerjaan Bandara Loloda Mokoagow terus berjalan.

Lanjutnya, Bandara Lolak nantinya ditargetkan menjadi bandara internasional. Runwaynya bakal memiliki panjang 3000 meter.

Untuk pembangunan runway atau landasan pacu saat ini masih pengerjaan tanah sepanjang 1600 meter dengan anggaran APBN Tahun 2020 sebesar 15 Miliar.

“Pembangunan Bandar Udara ini sudah masuk dalam Renstra Kemenhub, dan ini adalah tahun ke tiga untuk pembangunan. Ucap Binol.

Adapun terkait dengan rencana percepatan pembangunan Bandar Udara Loloda Mokoagow ini yang direncanakan Bupati Bolaang Mongondow, Ibu Yasti S Mokoagow dengan mengusulkan permohonan anggaran sebesar 300 Miliar Tahun Depan.

“Kalau dihitung totalnya mulai dari 2020 ini, Bandara Loloda itu masih membutuhkan 300 Miliar, ini sudah sampai pada tahap pembanguna terminal, apron, taxiway, hingga penyelesaian landasarn pacu,”Terang Binol.

Ditambahkannya, ada banyak hal yang jadi pertimbangan kenapa pembangunan Bandara ini harus segera diselesaikan, salah satunya juga untuk mendukung Kawasan Industri Bolmong (KIMONG).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.