Beranda Rilis Berita Partisipasi Masyarakat Rendah, Disdukcapil dan BPS Buka Pendaftaran Sensus Penduduk Secara Online

Partisipasi Masyarakat Rendah, Disdukcapil dan BPS Buka Pendaftaran Sensus Penduduk Secara Online

34

Bolmong,- Peran aktif masyarakat untuk Sensus Penduduk Secara online yang dimulai tanggal 15 Februari – 31 Maret 2020 masih rendah.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Kabupaten Bolaang Mongondow Iswan Gonibala hari ini Selasa, 3 Maret 2020 di Kantor Disdukcapil Bolmong.

Iswan Gonibala mengatakan berdasarkan hasil evaluasi partisipasi masyarakat kabupaten Bolmong yang menggunakan sensus penduduk secara online masih sangat rendah di dibandingkan kabupaten kota yang ada di sulawesi utara.

Untuk mengatasi tersebut Iswan mengakui pihaknya bersama Badan Pusat Statistik membuka Sensus Secara Kordner di Kantor Catatan Sipil.
Iswan menyatakan pengunjung yang datang kekantornya akan mendapatkan pelayanan pengisian data penduduk secara online oleh BPS dan Dinas Capil.

Hal yang sama di ucapkan Kepala Seksi Statistik Sosial BPS kabupaten Bolmong Riki Pinontoan.
Riki mengatakan Sensus penduduk secara online untuk memudahkan masyarakat yang memiliki mobilitas pekerjaan yang tinggi.
Namun, riki mengakui partisipasi masyarakat bolmong baru sekitar 1 persen yang melakukan pengisian data penduduk secara online.
Untuk mengatasi hal tersebut, menurut riki pihaknya bersama Dinas Capil membuka pengisian data penduduk secara online meng uakan sistem kordner.