Beranda Rilis Berita Matangkan Pelaksanaan Pilkades, Pemkab Gorut Kunjungi Bolmong

Matangkan Pelaksanaan Pilkades, Pemkab Gorut Kunjungi Bolmong

 

Bolmong,- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bolaang Mongondow Senin (13/9) menerima kunjungan dari rombongan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo. Agenda kunjungan tersebut dalam rangka studi komparatif terkait persiapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak. Rombongan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Gorontalo Utara yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Abdul Wahab Paudi, S.I.P, M.A.P, diterima langsung oleh Kepala Dinas PMD Kabupaten Bolaang Mongondow, DR. Deysyelin Y.T.J. Wongkar, S.E, M.Si.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Gorontalo Utara, Abdul Wahab Paudi, S.I.P, M.A.P menjelaskan, Kabupaten Gorontalo Utara saat ini sedang mempersiapkan penyelenggaraan Pilkades serentak pada 10 desa. Sehingga, pihaknya memutuskan untuk perlu melakukan studi komparatif di daerah-daerah terdekat yang salah satunya di Kabupaten Bolaang Mongondow.

“Imbas dari wabah Pandemi COVID-19, maka penyelenggaraan Pilkades serentak termasuk penyelenggaraan PAW Kepala Desa juga dituntut untuk disesuaikan dengan kondisi yang ada” tutur Paudi.

Menurut Paudi, sedianya Pemkab Gorontalo Utara saat ini sudah melaksanakan tahapan Pilkades, namun dengan terbitnya Surat Menteri Dalam Negeri Nomor: 141/4251/SJ tanggal 9 Agustus 2021 perihal penundaan Pilkades serentak dan pemilihan antarwaktu (PAW)apada masa pandemi COVID-19, maka pemerintah daerah juga menyesuaikan dengan tahapan yang ada.

“Hal inilah yang mendorong kami untuk melakukan studi komparatif pada daerah yang juga menyelenggarakan Pilkades setentak di masa pandemi saat ini, termasuk di Kabupaten Bolaang Mongondow” pungkas Paudi.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Kabupaten Bolaang Mongondow, DR. Deysyelin Y.T.J. Wongkar, S.E, M.Si menjelaskan, Kabupaten Bolaang Mongondow dan Kabupaten Gorontalo Utara memiliki kesamaan dalam pelaksanaan tahapan Pilkades serentak, yakni akan dimulai pada Oktober mendatang.

“Bedanya, jika di Gorontalo Utara yang melaksanakan Pilkades serentak ada 10 Desa, kita di Bolaang Mongondow terdapat 96 Desa yang akan melaksanakan pemilihan” ungkap Wongkar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.