Beranda Rilis Berita Kadis Pendidikan Bolmong Terpilih Ketua PGRI Bolmong

Kadis Pendidikan Bolmong Terpilih Ketua PGRI Bolmong

48

 

Bolmong,-  Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Senin (01/11/2021) menggelar Konferensi Luar Biasa (KLB) masa bakti XXII periode 2021-2025.

Kegiatan KLB ini dilaksanakan di Gedung SMP PGRI Desa Insil, Kecamatan Passi Timur, Kadis Pendidikan Bolmong Renti Mokoginta terpilih sebagai ketua PGRI Bolmong dengan meraih suara terbanyak.

ada dua orang yang mencalon sebagai calon Ketua PGRI. Yakni Renti Mokoginta dan Aripin Supu dalam KLB.

Berdasarkan hasil pemunguta suara dari jumlah 35 hak suara, Renti mendapat 27 suara dan Aripin Supu mendapat 6 suara, satu suara rusak.

Selain itu, untuk posisi wakil ketua dan sekretaris terpilih, yakni Samsudin Mokodompit dan Sande Makalalag mendapat suara terbanyak dalam KLB tersebut.

Kepengurusan PGRI Kabupaten Bolmong periode 2021-2025 langsung dilantik oleh Ketua PGRI Provinsi Sulut Star J Wowor.

“Kepengurusan PGRI Kabupaten Bolmong tidak boleh ganda menjadi pengurus profesi lainnya ,” kata Wowor.

Usai ditetapkan sebagai Ketua terpilih PGRI Bolmong, Renti Mokoginta berharap, seluruh pengurus PGRI Kabupaten Bolmong tetap berpedoman pada kode etik organisasi dan kode etik guru sebagai upaya untuk memajukan organisasi PGRI Bolmong.

“Pada tahun 2004, Presiden RI menyatakan guru sebagai sebuah profesi. Pada tahun 2005, terbitlah Undang-Undang No. 14 tentang Guru dan Dosen. Sesuai amanat dalam UU tersebut, PGRI sebagai organisasi profesi guru memiliki kewenangan (Pasal 42) , yaitu menetapkan dan menegakkan kode etik guru, memberikan bantuan hukum kepada guru, memberikan perlindungan profesi guru, melakukan pembinaan dan pengembangan profesi guru, serta memajukan pendidikan nasional,” ujar Mokoginta.

“Fungsi PGRI dalam ADRT yakni memajukan profesi, meningkatkan kompetensi, meningkatkan karier, meningkatkan wawasan kependidikan, memberikan perlindungan profesi, meningkatkan kesejahteraan serta melaksanakan pengabdian kepada masyarakat,” dia menambahkan.

Sementara itu, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow saat memberikan sambutan pelaksanaan KLB PGRI mengatakan, PGRI harus selalu membangun kekuatan dan kebersamaan untuk mampu mewujudkan guru profesional demi peningkatan mutu pendidikan dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Sejatinya konferensi PGRI merupakan kesempatan yang baik bagi seluruh anggota dan pengurus PGRI untuk melakukan evaluasi kegiatan organisasi yang dilakukan pada 5 tahun yang sudah berlalu, dan suksesnya pembangunan pendidikan di Kabupaten Bolmong tidak lepas dari kerja keras PGRI yang berjuang dengan gigih, bahu membahu demi kejayaan dan kemajuan negeri termasuk daerah Bolmong,” tutur Bupati.