Beranda Rilis Berita DINAS PUPR GELAR AKHIR REVISI RTRW 2014 -2034 KAB. BOLAANG MONGONDOW

DINAS PUPR GELAR AKHIR REVISI RTRW 2014 -2034 KAB. BOLAANG MONGONDOW

Bolmong,- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melaksanakan akhir revisi RTRW kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) 13/12/2019 di Hotel Sutan Raja Kotamobagu.

Kegiatan ini dibuka oleh Kadis PUPR Ir. Channy Wayong, ME.

Channyy dalam sambutannya mengatakan RTRW Kabupaten memuat tujuan, kebijakan, dan strategi penataan ruang, rencana struktur ruang, rencana pola ruang, penetapan kawasan strategis kabupaten, arahan pemanfaatan ruang, dan arahan pengendalian pemanfaatan ruang di wilayah kabupaten.

Lebih lanjut dia mengatakan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongodow melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melaksanakan kegiatan penyusunan Revisi (perbaikan) Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Tahun 2014 – 2034 sebagai upaya dalam menyediakan rencana tata ruang yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan penataan ruang yang dinamis.

“Dalam merumuskan muatan RTRW Kabupaten harus mengacu muatan RTRW Nasional dan rencana rincinya (RTR pulau dan RTR kawasan strategis nasional), RTRW Provinsi dan rencana rincinya (RTR kawasan strategis provinsi) serta memperhatikan RTRW Kabupaten/kota yang berbatasan”. Sebut Channy.

Dia menjelaskan Perkembangan wilayah perkotaan pada dasarnya ditentukan oleh potensi internal wilayah perkotaan tersebut, pengaruh eksternal kawasan di sekitarnya serta kedudukan dan peran wilayah tersebut terhadap wilayah yang lebih luas secara keseluruhan. Menyadari berbagai peranan yang seharusnya dapat dilakukan oleh Pusat-pusat Kegiatan (PKW, PKL, PPK dan PPL) Kabupaten Bolaang Mongondow dan sehubungan dengan proses pembangunan yang sedang dan akan berlangsung, ternyata masih ada beberapa Pusat Kegiatan di wilayah pengembangan yang telah ditetapkan dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Tahun 2014 – 2034 yang ternyata belum dapat menjawab percepatan pembangunan dan ”mempromosikan” wilayahnya agar mampu ikut berpartisipasi dalam pembangunan regional Kabupaten Bolaang Mongondow. Hal ini perlu kiranya ditelusuri faktor-faktor penyebabnya yang sekaligus menjadikan pokok permasalahannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.