Beranda Rilis Berita Dinas Perdagangan dan ESDM Gelar Bimtek Pangan di Sinsingon Timur

Dinas Perdagangan dan ESDM Gelar Bimtek Pangan di Sinsingon Timur

241

Bolmong,- Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow melalui Dinas Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral Bidang Perindustrian melaksanakan Bimbingan teknik (Bimtek) Pangan untuk Olahan Kentang dan Bawang tgl 2 s/3 Oktober 2019 di salah satu Kawasan Sentra Komoditi Kentang dan bawang Desa Sinsingon Timur, Kecamatan Passi Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow.

Kepala Dinas Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral melaui Kepala Bidang Perindustrian Aisya Palima, ST mengatakan Bimtek ini merupakan permintaan dari Desa Sinsingon Timur.

Peserta Pelaksanaan Bimtek Pangan

Lebih Lanjut dia mengatakan bahwa permintaan desa diusul melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Tahun Anggaran 2018. yaitu Permintaan Bantuan peralatan untuk pembuatan keripik kentang dan bawang.

Aisya menyebutkan Peserta Bimtek berjumlah 30 Orang yang berasal dari Ibu-Ibu Petani Kentang dan bawang Desa Sinsingon Timur yang diarahkan menjadi Calon Wirausaha Baru Industri Kecil Menengah (IKM)

Menurut dia tujuan dilakukan Bintek ini secara teknis untuk mengolah komoditi kentang dan bawang menjadi produk Industri Pangan yang berkualitas, berdaya saing dan diminati pasar dengan tujuan menjadikan Desa Sinsingon Timur
menjadi embrio untuk Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) untuk produk olahan kentang dan bawang.

Dia Menambahkan produk olahan Kentang dan bawang akan diarahkan menjadi Produk OVOP (One Village One Product) Desa Sinsingon Timur yang akan membantu mengangkat potensi industri Desa yang belum kelola.