Beranda Rilis Berita Dinas kominfo Bolmong Kerja Sama BPSDMP Manado Gelar pelatihan Digital Entrepreneurship Academy

Dinas kominfo Bolmong Kerja Sama BPSDMP Manado Gelar pelatihan Digital Entrepreneurship Academy

Bolmong,- Dinas komunikasi dan Informatika Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) bekerjasama dengan Balai Pengembangan Sumber  Daya Manusia dan penelitian (BPSDMP)  Manado menggelar pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA).

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 10 -11 Juni 2021 di Hotel Sutan Radja Kota Kotamobagu yang diikuti oleh 50 peserta UMKM dari Bolmong dan dibuka langsung oleh Asisten Bidang Administrasi perekonomian dan pembangunan Sekretariat daerah Bolmong Zainudin Paputungan.

Kepala BPSDM Manado Christiany Juditha, S.Sos, M.A dalam sambutannya mengatakan kegiatan DEA ini diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika  melalui BPSDMP Manado.

Christiany  menjelaskan agar bisa bertahan, pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) harus bisa menggunakan teknologi dalam usahanya. Namun saat ini, masih ada pelaku UMKM yang belum melek teknologi. Padahal banyak manfaat yang bisa diperoleh pelaku UMKM jika sudah familiar menggunakan teknologi. Termasuk memanfaatkan internet untuk pemasaran produk mereka.

Dia juga menyebutkan para peserta ini akan menerima kurang lebih empat materi diantaranya Target Bisnis Model Kanfas, Olah Foto Sederhana, Membuat Website/Blog basis Woodpres, SEO dan Google Bisnis, Pemasaran lewat Facebooke/ Instagram Ads dan e-Commerce yang akan diberikan langsung pemateri-pemateri yang ahli dalam bidangnya.

Asisten Bidang Administrasi perekonomian dan pembangunan Sekretariat daerah Bolmong Zainudin Paputungan mewakili Bupati Bolmong  menyambut baik dan memberikan apresiasi sekaligus ucapan terima kasih, kepada kepala balai pengembangan sumber daya manusia dan penelitian kominfo manado selaku pelaksana kegiatan, dan kegiatan ini sangat penting dan strategis, sebagai sarana dan wahana bagi kita semua dalam rangka menghadapi era global dan era millenial yang penuh kompetisi saat ini.

“Pandemi covid-19 saat ini berimbas pada perekonomian masyarakat yang menurun drastis, terutama di empat sektor utama yaitu pariwisata, perdagangan, manufaktur dan pertanian. Meski begitu, prospek bisnis di masa pandemi kian meningkat, seperti bisnis online yang mencapai angka 400%, penjualan pulsa meningkat 1000%, logistic meningkat 400% dan produk kecantikan dan kesehatan meningkat 800%.” Ungkap Zainudin

Menurutnya Salah satu upaya dalam rangka membangkitkan kembali sektor perekonomian yaitu dengan dikeluarkannya peraturan pemerintah nomor 7 tahun 2021, tentang kemudahan, perlindungan dan pemberdayaan koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah, dimana dengan ditetapkannya peraturan pemerintah ini, pemberian kemudahan, perlindungan dan pemberdayaan bagi koperasi dan umkm dapat lebih optimal, komprehensif dan dapat terkoordinasi dengan baik.

Untuk membangun sumber daya manusia yang unggul dan handal, maka Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow saat ini mendorong para pelaku umkm maupun calon wirausahawan, agar selalu kreatif, inovatif dan produktif serta mampu memanfaatkan perkembangan teknologi informasi di situasi pandemi covid-19.

Dalam sambutan tersebut kepada seluruh peserta pelatihan saya berharap untuk dapat mengikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya dan memahami materi yang akan disampaikan nanti, sehingga peserta pelatihan mampu menguasai aplikasi dan teknologi sistem pasar digital atau pasar online sebagai tren jual-beli masa kini, yang pada gilirannya diharapkan dapat mendongkrak nilai Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten Bolaang Mongondow.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.