Beranda Rilis Berita Bupati Bolmong Buka Pencanangan  Vaksinasi Covid – 19

Bupati Bolmong Buka Pencanangan  Vaksinasi Covid – 19

240

Bolmong,- Bupati Bolaang Mongondow Yasti Soepredjo Mokoagow, resmi membuka pencanangan Vaksinasi Covid-19, secara serentak di Kabupaten Bolmong, Jumat, (05/02/2021) di Kantor Bupati Bolmong.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmong,dr.  Erman Paputungan, dalam laporannya mengatakan, 985 tenaga kesehatan (Nakes) Bolmong  yang terdiri dari Tenaga kesehatan (nakes)  sebanyak 18 puskesmas dan Nakes di Rumah Sakit Umim Daerah (RSUD) Datoe Binangkang.

Dalam laporannya  Erman menyampaikan jumlah dosis di Bolmong sebanyak 2000 dosis yang sudah di distribusikan ke seluruh Puskesmas dan RSUD Datoe Binangkang,

“mereka juga secara serentak melakukan vaksinasi hari ini,” kata Erman.

Sementara itu,  Bupati menegaskan  saat membuka resmi kegiatan itu, wajib bagi Nakes di Bolmong untuk melakukan vaksinasi. ”

“Kecuali ada riwayat penyakit, bagi yang tidak ada riwayat penyakit, diharuskan untuk divaksin. Sebab, Nakes sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19,” tegas Bupati.

Menurutnya, upaya pencegahan melalui program vaksinasi jika dinilai dari sisi ekonomi akan jauh lebih hemat biaya apabila dibandingkan dengan upaya pengobatan.

“Untuk itu, saya minta seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Bolmong untik tidak mudah percaya terhadap informasi bohong atau hoaks yang menimbulkan pro dan kontra, sehingga masyarakat takut divaksin,” kata bupati.

Dia menambahkan, kegiatan vaksinasi perdana ini sebagai bentuk perhatian dan upaya Pemkab Bolmong dalam memutus mata rantai Covid-19 di Bolmong.

Selain itu, Yasti juga mengingatkan bahwa orang-orang yang menjalani vaksinasi, wajib tetap menerapkan protokol kesehatan dan jangan karena sudah mendapatkan vaksin, lalu mengabaikan protokol kesehatan, karena antibodi yang didapat dari vaksin juga membutuhkan waktu untuk terbentuk sehingga kita semua wajib menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Insya Allah kegiatan vaksinasi perdana pada hari ini diberikan kesehatan oleh Tuhan yang Maha Esa. Sebagai pengabdian kita kepada bangsa, negara dan daerah yang kita cintai bersama,” ucap Bupati.

Dijelaskan, kepada Nakes dan semua pihak di Bolmong tidak perlu takut, sebab vaksin tersebut sudah diuji klinik dari kementerian kesehatan dan sudah aman serta halal untuk dipakai karena sudah uji dari MUI dan Badan POM. “Tetap kita ikuti protokol kesehatan meski sudah divaksin sebab vaksin hanya untuk kekebalan tubuh,” jelas Bupati.

Di akhir sambutannya, Bupati  juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya yang tinggi kepada semua pihak yang telah melakukan pencegahan, penanggulangan serta percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Bolmong sehingga kasus aktif dan angka kematian akibat Covid-19 dapat diminimalisir.