Beranda Rilis Berita Bappeda Gelar FGD Rencana Aksi Daerah Penurunan Stunting

Bappeda Gelar FGD Rencana Aksi Daerah Penurunan Stunting

217

Bolmong,- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kabupaten Bolmong menggelar Forum Group Discussion (FGD) Rencana Aksi Daerah (RAD) Penyusunan Dokumen Penurunan Stunting Hari ini Rabu, 26/02/2020 di Kantor Bappeda Bolmong

Kegiatan ini dibuka Oleh Kepala Bappeda Bolmong melalui Sekretaris Dinas Bappeda Aldi Pudul,

Hadir selaku narasumber dlam kegiatan ini Drs. Boaz Wilar, M.Si Pakar pelayanan dasar dan gender.

Dalam sambutannya Aldi mengatakan upaya penurunan stunting dapat dilakukan melalui dua intervensi yakni Intervensi gisi spesifik untuk menyasar penyebab langsung dan intervensi sensitif untuk menyasar penyebab tidak langsung.

Menurutnya ada 8 aksi konvergensi yang perlu dilaksanakan antara lain analisa situasi, rencana kegiatan, rembuk stunting, perbup tentang peran desa, kader pembangunan manusia, manajemen data, pengukuran dan publikasi serta review kinerja tahunan.

“Bolmong sudah berupaya mencegah dan mennggulangi stunting sehingga sudah ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan dari 8 aksi tersebut kabupaten bolmong telah melaksanakan sudah sampai aksi ke 4.

Namun aldi menegaskan bahwa Untuk menurunkan stunting di bolmong butuh kerjasama pemerintah dan lintas sektor lainnya Mengingat stunting sudah berhubungan dengan nilai kemanusiaan