Beranda Rilis Berita Bappeda Bolmong Gelar Rakor Sustainable Development Goals

Bappeda Bolmong Gelar Rakor Sustainable Development Goals

0

Bolmong,-  Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow menggelar rapat koordinasi pencapaian pelaksana Rencana Aksi daerah Subtainable Delevopment Goals (RAD SDGs) Kabupaten Bolaang Mongondow 2017 – 2022 yang dihadiri oleh perwakilan perangkat daerah , Di Kantor Bappeda Bolmong  Kamis 11 Juli 2019.

Kepala Bappeda Bolaang Mongondow Yarlis Awaludin Hatam mengatakan Subtainable Delevopment Goals (RAD SDGs)  pembangunan yang menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat  secara berkesinambungan, pembangunan yang menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, pembangunan yang menjaga kualitas lingkungan hidup serta pembangunan yang menjamin keadilan dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas hidup dari satu generasi ke generasi berikutnya.

SDGs merupakan komitmen global dan nasional dalam upaya untuk mensejahterakan masyarakat yang mencakup 17 tujuan diantaranya program tanpa kemiskinan, tanpa kelaparan, kehidupan sehat dan sejahter, pendidikan berkualitas,    air bersih dan sanitasi layak ,energi bersih dan terjangkau, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi ungkap Yarlis

Menurut Yarlis pencapaian target SDGs menjadi prioritas pembangunan nasional , yang memerlukan sinergi kebijakan perencanaan di tingkat nasional dan tingkat propinsi maupun kabupaten.

Target SDGs di tingkat nasional telah sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015 – 2019 dalam bentuk program, kegiatan dan indikator yang terukur serta indikasi dukungan pembiayaannya. Jelas Yarlis

Yarlis menambahkan Tujuan Rapat ini  untuk mengkoordinasi  pencapaian pelaksanaan kegiatan yang ada dalam Rencana Aksi Daerah (RAD) di Kabupaten Bolaang Mongondow oleh perangkat daerah, guna mempersiapkan bahan pelaksanaan laporan SDGs di Bolmong.

Dalam rapat tersebut Bappeda menghadirkan Narasumber Dra. Yenny Palit, SE dari Bidang Pemerintahan dan Sosial Budaya Bappeda Provinsi Sulawesi Utara dan DR. Eleln Walewangko  dari Akademisi yang juga tenaga Ahli Bappeda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.