Beranda Rilis Berita Balai TN-BNW Salurkan Buku Panduan Bidang Kehutanan

Balai TN-BNW Salurkan Buku Panduan Bidang Kehutanan

39

BOLMONGKAB.GO.ID – Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TN-BNW) National Park, membagikan Buku tentang Peraturan Perundang – undangan bidang kehutanan kepada peserta Musrenbang RKPD 2020 di Kecamatan Dumoga Tenggara.

Penyerahan dilakukan secara simbolis kepada Camat Dumoga Tenggara Malpin Dako, usai pembukaan Musrenbang oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Bolmong, Yudha Rantung.

Perwakilan TN-BNW Aris Setyawan mengungkapkan, pembagian buku ini merupakan bagian dari sosialisasi Balai TNBNM yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat berkaitan dengan undang undang kehutanan.

“Melalui pembagian buku ini kami berharap, para pemangku kepentingan baik SKPD maupun Sangadi, bisa turut mensosialisasikan, karena masih banyak masyarakat yang belum mengenal dengan jelas apa itu taman nasional. Jadi, persepsi mereka ini hutan lindung, padahal TNBNW adalah hutan konservasi, dimana ada aturan menyangkut dengan keberadaan satwa endemik,” terang Aris yang juga penyuluh kehutanan itu.

Menurutnya, saat ini ada 3 satwa endemik yang terancam punah di wilayah TNBNW, diantaranya Anoa, Babi rusa dan Maleo, sehingga perburuan tentang 3 jenis hewan ini sangat dilarang.

“Selain 3 satwa itu, yang paling genting adalah soal kelangsungan hidup Musang Sulawesi, satwa jenis ini dalam tiga tahun terakhir sudah sangat jarang ditemukan, terinformasi tinggal ada di daerah Mengkang,” ungkapnya.

Lanjut, buku ini juga akan dibagikan kepada 202 Lurah dan Sangadi yang ada di Kabupaten Bolmong. agar sosialiasi bisa dilakukan lebih masif.

“Membawahi tanggung jawab di areal seluas 282.008,757 Hektar yang dibagi dalam 2 wilayah tugas yaitu provinsi Sulut dan Gorontalo, serta 4 kabupaten (Bone Bolango, Bolmong, Bolsel, Bolmut) dengan 85 personil bukan hal yang mudah, sebab itu kami juga membutuhkan dukungan dari masyarakat,” pungkasnya. (kominfo)