Beranda Rilis Berita 96 Desa Di Bolmong Tahun Ini Laksanakan Pilsang

96 Desa Di Bolmong Tahun Ini Laksanakan Pilsang

173

Bolmong,- 96 desa di Kabupaten Bolmong bersiap untuk melaksanakan pemilihan sangadi (Pilsang). nantinya pelaksanaan pemilihan dilaksanakan akhir tahun nanti.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Dr Deyselin Wongkar SE Msi mengatakan, tahapan pemilihan 96 desa sudah termasuk pemilihan ulang  Desa Insil Baru.

“Nantinya untuk pelaksanaan Pilsang ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong sudah menyiapkan dana sebesar Rp3,9 miliar” Wongkar

Dikatakan Wongkar anggaran tersebut sudah disetujui namun harus masuk dalam pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan.

Dijelaskan Deyselin, Alasan naiknya anggaran, pelaksanaan Pilkades di Bolmong, itu karena ada aturan mengharuskan bagi desa-desa yang akan melaksanakan Pilkades dengan melaksanakan protokol Covid-19, sebagai upaya pencegahan penyebarannya, maka penambahan anggaran itu harus dilakukan. “Jika awalnya hanya 1 TPS setiap desa hanya melayani 500 pemilih. Sehingga untuk desa dengan jumlah pemilih 2.000 orang harus disediakan 4 TPS, akibatnya bertambah jumlah TPS bertambah juga jumlah petugasnya. Imbasnya menaikkan anggaran yang dibutuhkan,” terangnya.

Berdasarkan Data yang di peroleh, nantinya ada 96 desa yang melaksanakan Pilsang yang tersebar di 15 kecamatan di Kabupaten Bolmong. Nantinya, Kecamatan Lolak yang paling banyak desa menggelar Pilsang yakni 13, diikuti Kecamatan Poigar berjumlah 12 desa dan Kecamatan Lolayan 10 desa.

Kepala Bidang Pemerintah desa DPMD Bolmong Isnaidin Mamonto mengatakan, tahapan pelaksanaan Pilsang akan berlangsung sekira 5 bulan. Sehingga kata Isnaidin, jika dimulai Agustus, maka pelaksanaannya kemungkinan pada Desember. “Ya diperkirakan hari H pelaksanaan Pilsang digelar pada Desember mendatang,” kuncinya