Beranda Rilis Berita Bahas Teknis Tahapan PIlsang, Dinas PMD Gelar Rakor dengan Para Camat

Bahas Teknis Tahapan PIlsang, Dinas PMD Gelar Rakor dengan Para Camat

0

Bolmong,- Tahapan penyelenggaraan pemilihan Sangadi (Pilsang) secara serentak di Kabupaten Bolaang Mongondow telah dimulai sejak pertengahan bulan Juni lalu. Hal ini terungkap dalam rapat koordinasi (rakor) persiapan teknis penyelenggaraan pemilihan Sangadi secara serentak tahun 2019 antara Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) dengan 15 Camat se-Kabupaten Bolaang Mongondow, Kamis (11/7) di Kantor DPMD. Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kepala Seksi Pemerintahan dari setiap kecamatan.

Kepala Bidang Bina Pemerintahan Desa dan Pengembangan Desa Dinas PMD, Isnaidin Mamonto di hadapan peserta rakor menyatakan, tahapan saat ini adalah pembentukan panitia termasuk panitia di tingkatan desa. Dimana, sebagian besar pelaksanaan tahapan Pilsang akan menjadi tugas panitia pemilihan di tingkat desa.

“Sekitar 80% tahapan Pilsang akan dilaksanakan oleh panitia di desa. Mulai dari pendaftaran bakal calon, verifikasi persyaratan administrasi bakal calon, penetapan balon yang berhak dipilih, pelaksanaan pemungutan suara, pemungutan suara, penetapan calon terpilih, sampai pada penyusunan dan penetapan daftar pemilih” ungkap Isnaidin.

Untuk itu, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebagai lembaga yang berwenang untuk memiliki dan mengangkat personil panitia Pilsang, untuk mencari figur yang benar-benar profesional dan berintegritas untuk mengisi kepanitiaan Pilsang.

Dalam rakor tersebut terungkap, pendaftaran bakal calon akan dilaksanakan pada  bulan Agustus selama 30 hari. Hal ini tercantum dalam rancangan tahapan penyelenggaraan Pilsang yang saat ini tinggal menunggu pengesahan. Sedangkan hari H pemungutan suara akan dilaksanakan pada pertengahan bulan November 2019. Sehingga, pelantikan para calon Sangadi terpilih dapat terlaksana di bulan Desember tahun ini.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Kabupaten Bolaang Mongondow, Achmad Yani Damopolii, SH, ME, minta kepada para Camat untuk memfasilitasi pelaksanakan Pilsang di setiap tahapan. Sehingga, berbagai potensi masalah yang akan timbul dalam tahapan penyelenggaraan Pilsang dapat ditekan sejak dini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.