Beranda Rilis Berita Pemkab Bolmong Gelar Penyusunan Dokumen Kajian Kesenian Daerah Di Kabupaten Bolaang Mongondow

Pemkab Bolmong Gelar Penyusunan Dokumen Kajian Kesenian Daerah Di Kabupaten Bolaang Mongondow

52

 

Bolmong,- Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow  ( Bolmong) melalui Badan perencanaan pembangunan daerah (Bappeda) menyelenggarakan Fokus Grup Diskusi (FGD) 2 penyusunan dokumen kajian kesenian daerah di kabupaten bolaang mongondow,

Kegiatan ini dibuka  dibuka  langsung oleh Bapak Asisten  bidang administrasi umum  Drs. Ashari  Sugeha, dilaksnakan di ruang rapat Bappeda Bolmong, Senin, 9/08/2021.

Ashari mengatakan kesenian daerah merupakan bagian dari kebudayaan daerah yang memiliki potensi pengembangan dalam bidang kepariwisataan.

 

Sehingga Ashari katakan perlu adanya pengkajian untuk memetakan sekaligus mengidentifikasi jenis dan ragam kesenian tradidsional kabupaten bolaang mongondow yang sekarang ini mulai ditinggalkan atau dilupakan oleh generasi muda karena kuatnya arus globalisasi yang terjadi saat ini.

 

Menurutnya pelaksanaan FGD dilaksanakan untuk mendengar masukan sekaligus mengakomodasi gagasan, ide dan saran yang berkaitan dengan pelaksanaan kajian kesenian daerah ini.

 

pelaksanaan focus group discussion (FGD) ini adalah merupakan rangkaian dari tahapan penyusunan dokumen kajian, dimana  pertemuan ini menjadi penting bagi kita dalam rangka membangun sinergitas dan kesamaan persepsi serta komitmen bersama” ungkap ashari

Dia menambahkan untuk membangun kesenian daerah menjadi lebih baik dan dapat memberikan kontribusi pada sektor kepariwisataan. untuk itulah para hadirin peserta rapat pada hari ini, untuk mengikuti acara ini dengan baik.

Hadir dalam acara tersebut Kecamatan dan tokoh adat yang ada di kecamatan, Tokoh budaya Chairun Mokoginta Tokoh Budaya, SE , Hj. Kartini Sugeha Pemerhati Budaya, Hamim Ambaru Tokot adat dan pemerhati budaya kec amatan Lolayan, Abdulah Damopolii Tokoh adat Kecamatan  Bolaang.