Beranda Rilis Berita BSSN Paparkan Hasil Uji Aplikasi Ke Dinas Kominfo

BSSN Paparkan Hasil Uji Aplikasi Ke Dinas Kominfo

138

 

Bolmong,- Tim Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) memaparkan hasil IT security Assessment (ITSA) di hadapan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bolaang Mongondow di ruang rapat Kantor Dinas Kominfo Kamis, 1/4/2021.

Paparan yang dibuka oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Parman Ginano, S.Pi ini dihadiri juga oleh Kepala Bidang Persandian dan Statistik, Kepala Bidang Penyelenggaraan e-Government dan Tim tenaga Ahli Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bolaang Mongondow.

Paparan ini adalah rangkaian ITSA yang telah dilaksanakan mulai Senin lalu dan resmi berakhir pada Kamis 1 April 2021.

Parman Ginano, menyambut dengan antusias hasil ITSA ini mengingat hasilnya akan menjadi gambaran bagaimana keamanan dari aplikasi yang ada di Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow.

Walaupun ITSA kali ini baru dilakukan pada tiga aplikasi tapi Parman Ginano yakin bahwa hasil ITSA ini bisa digunakan sebagai template untuk membangun sebuah aplikasi yang aman,

Sigit Setiono, S.ST selaku ketua Tim ITSA BSSN kali ini, dalam paparannya menyampaikan secara global aplikasi yang diassessment kali ini sudah mempunyai fitur keamanan yang baik, namun demikian Sigit Setiono, S,ST bersama tim yaitu Mohamad Fauzi, S.Tr.TP. dan David Sitorus, S.Tr.TP telah memberikan catatan khusus untuk ditindaklanjuti oleh masing-masing pengelola untuk penyempurnaan sistem keamanan dari Aplikasi.

Kepala Bidang Persandian dan Statistik, Sutoyo Paputungan senada dengan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika bahwa ITSA ini harus dilakukan secara berkala dan untuk semua aplikasi sehinggan bisa dijamin kemanannya.

Sutoyo memahami keterbatasan jumlah personil dan padatnya jadwal di BSSN di tengah pandemi ini sehingga akhirnya ITSA hanya dibatasi pada tiga aplikasi saja. Namun Sutoyo berharap BSSN tetap bisa mendukung penuh Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow sehingga pelaksanaan keamanan dapat tercipta dengan baik. ITSA ini sangat diminati dan dinanti oleh seluruh Pemerintah Provinsi, Kabupaten maupun   Pemerintah Kota.

Selanjutnya laporan lengkap dari ITSA BSSN ini akan diberikan kepada kepala Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai laporan akhir pelaksanaan ITSA d Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow.

Kepala Dinas Kominfo menutup pelaksanaan paparan hasil ITSA dengan harapan kedepannya BSSN tetap dapat mendukung Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow dalam hal pelaksanaan ITSA untuk aplikasi yang lain maupun Kegiatan baik Sosialisasi Keamanan SPBE dan Bimtek Kemanan IT di Pemerintah Daerah.

Sebelum kegiatan ITSA ini berakhir Tim BSSN ditemani Kepala Dinas Kominfo, Sekretaris Dinas, Kepala Bidang Persandian dan Statsitik serta Kepala Bidang Penyelenggaraan e-Government pamit kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow serta melaporkan bahwa kegiatan ITSA BSSN telah selesai dilaksanakan. Dan pihak BSSN tak lupa menyampaikan ucapan Terima Kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow atas antusiasme dan kerja samanya selama kegiatan ITSA ini berlangsung.