Beranda Rilis Berita DKP Bolmong Usulkan Program Pemanfaatan Pekarangan Bunga Tahun 2020

DKP Bolmong Usulkan Program Pemanfaatan Pekarangan Bunga Tahun 2020

56

Bolmong –Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), membuat program pemanfaatan pekarangan rumah warga pada APBD tahun 2020 ini.

Hal ini disampaikan Kepala DKP Pemkab Bolmong I Nyoman Sukra SP MSI, Rabu (08/01/2020).

I Nyoman Sukra mengatakan kegiatan program ini dilakukan sesuai hasil usulan desa melalui musrenbang tahun lalu dan akan direalisasikan tahun ini.

Nyoman menyebutkan, ada sekitar sembilan desa yang nantinya menjadi contoh desa di Bolmong, yang pekarangan rumahnya dimanfaatkan berbagai macam jenis sayuran.

“Total anggarannya sekitar 80-an juta, dan ini diberikan kepada Kelompok Wanita di sembilan desa tersebut. Perkelompok kurang lebih 8 jutaan untuk pemanfaatan pekarangan dan tentu kami akan dampingi terus sampai ada hasilnya,”ungkap Nyoman.

Lanjutnya, Pemberian bantuan untuk 9 (sembilan) Kelompok Wanita Tani (KWT) tersebut diantaranya Kelompok Mandiri 2 Desa Ambang II Kecamatan Bolaang Timur, Kelompok Anggrek Desa Mariri Satu Kecamatan Poigar, Kelompok Melati Desa Mengkang Kecamatan Lolayan, Kelompok Maju Bersama Desa Buntalo Timur Kecamatan Lolak, Kelompok Bogenfll Desa Tuyat Kecamatan Lolak, Kelompok Kembang Sari Desa Doloduo Ill Kecamatan Dumoga Barat, Kelompok Dewi Fortuna Desa Doloduo III Kecamatan Dumoga Barat, Kelompok Suka Maju Desa Ikhwan Kecamatan Dumoga Barat dan Kelompok Cempaka Putih Desa Pangi Kecamatan Sangtombolang.

“Untuk usulan tanaman berupa bibit sayuran kangkung, Cabe, Tomat, terong, kacang panjang, bayam, seledrey, caisin, bawang merah, dan batang bawang,”sebut Nyoman.

Tak hanya itu, pemerintah juga akan membantu memberikan berupa polybek sebanyak 2 kilo gram dan 5 kilo gram, cangkul, pupuk organik, gembor, dan mulsa plastik.

Nyoman pun mengatakan, tujuan untuk memanfaatkan tanaman pekarangan rumah, ini demi mengurangi ongkos pengeluaran ibu rumah tangga untuk biaya dapur.

“Minimal biaya dapur berkurang 10 ribu perhari, jika semua jenis sayuran tersedia di pekarangan rumah. Saya kira ongkos rumah tangga pun seiring akan berkurang,”katanya.