Beranda Rilis Berita Sampai September, Dinas Capil telah berikan 866 Kartu Identitas Anak

Sampai September, Dinas Capil telah berikan 866 Kartu Identitas Anak

220

Bolmong- Tahun 2019 Jumlah anak – anak di Kabupaten Bolaang Mongondow yang telah memiliki Kartu Identitas Anak (KIA) sebanyak 866 otrang. Hal ini berdasarkan data yang di peroleh dari Dinas kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bolaang Mongondow.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Iswan Gonibala mengatakan jumlah Blanko yang tersedia untuk pembuatan KIA sampai dengan tanggal 19 September 2019 sebanyak 866 blanko.

Menurut Iswan pembuatan KIA, apabila administrasinya lengkap prosesnya bisa di tunggu lantaran selesai dalam waktu sehari.

Syarat untuk mendapatkan KIA yang dikutip dari laman kemendagri Secara umum dan menyeluruh bagi anak warga negara Indonesia (WNI) yang baru lahir, KTP Anak akan diterbitkan bersamaan dengan penerbitan akte kelahiran. Anak WNI yang belum berusia 5 tahun tetapi belum memiliki KIA, harus memenuhi persyaratan yakni fotocopy kutipan akta kelahiran dan menunjukan kutipan akta kelahiran aslinya; KK asli orang tua/wali; dan KTP asli kedua orangtuanya/wali

Sementara, bagi anak WNI yang telah berusia 5 tahun tetapi belum memiliki KIA harus memenuhi persyaratan adalah fotocopy kutipan akta kelahiran dan menunjukan kutipan akta kelahiran aslinya; KK asli orangtua/wali; KTP asli kedua orangtuanya/wali; Pas foto Anak berwarna ukuran 2 x 3 sebanyak 2 (dua) lembar.

Untuk anak warga negara asing yang tinggal di Indonesia, untuk mendapatkan KIA harus memenuhi persyaratan sebagai berikut fotocopy paspor dan izin tinggal; KK Asli orang tua/wali; KTP elektronik asli kedua orangtuanya.