Beranda Rilis Berita Inspektorat Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Menuju Level 3 Peningkatan Kapabilitas Aparat Pengawas...

Inspektorat Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Menuju Level 3 Peningkatan Kapabilitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP)

236

BOLMONGKAB.GO.ID – Dalam melakukan tugas pengawasan, Inspektorat Daerah Kabupaten Bolaang Mongonodow dituntut dapat meningkatkan Kapabilitas sebagai Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP). Untuk itu Inspektorat Daerah bekerja sama dengan Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Utara saat ini melakukan Penjaminan Kualitas (Quality Assurance) atas Penilaian Mandiri (Self Assessment) Kapabiltas Level 3 Inspektorat Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow. Quality Assurance tersebut bermaksud menguji ketersediaan Infrastruktur (dokumen) untuk pemenuhan  elemen persyaratan pada Peningkatan Kapabilitas APIP. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai tanggl 18 sampai dengan 21 September 2018 bertempat di Ruang Rapat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah ( BAPPEDA ) Kabupaten Bolaang Mongondow, yang juga dirangkaikan dengan Bimbingan dan Konsultasi Pedoman Pelaksanaan Audit Kinerja.

Inspektorat Kabupaten Bolaang Mongondow saat ini masih berada pada Level 1, sementara berdasarkan target Peningkatan Kapabiltas APIP yang dicanangkan oleh Pemerintah dalam RPJMN 2015-2019 telah ditargetkan agar APIP Provinsi/Kabupaten/Kota sudah berada pada Level 3 pada Tahun 2019. untuk itu Inspektorat Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow saat ini terus berbenah demi tercapainya Level 3 Peningkatan Kapabiltas APIP. Hal ini didukung dengan telah dibentuknya Satgas Peningkatan Kapabiltas APIP  dan mengikuti arahan Bupati Bolaang Mongondow, Wakil Bupati , dan Sekretaris Daerah. (inspektorat_bm)