Beranda Rilis Berita Bupati Minta ke Dirjen PSP Pembagian Bantuan Harus Proporsional

Bupati Minta ke Dirjen PSP Pembagian Bantuan Harus Proporsional

89
Bupati Yasti Mokoagow memberikan sambutan seraya memaparkan luas lahan Pertanian di Bolmong.

BOLMONGKAB.GO.ID – Selain mendapat bantuan dari  Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana Dan Sarana Pertanian, Kementerian Pertanian RI, Pending Dadih Permana, Petani Bolaang Mongondow mendapat pujian atas konsistensi dan kedisiplinan dalam mengelolah persawahan.

Peninjauan sekaligus yang  panen raya jagung. Jumat (9/2) hari ini di perkebunan Desa Totabuan Kecamatan Lolak merupakan salah satu
bentuk upaya Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati (Wabup) Yanny R Tuuk  dalam membangun hubungan dengan Pemerintah Pusat ini tak sia-sia.

Pasalnya, dalam kunjungan tersebut, akhirnya Bolmong mendapat banyak bantuan dari pusat untuk menunjang sektor pertanian di Bolmong.
Menariknya,  Bupati Yasti dalam sambutannya di hadapan masyarakat Bolmong dan Dirjen Prasarana Dan Sarana Pertanian langsung menyampaikan potensi yang ada di Bolmong.  Dirinya secara langusung menyampaikan luas wilayah Bolmong adalah 30 persen dari luas keseluruhan Sulawasi Utara (Sulut). Katanya, luas persawahan sebesar 29.140 hektar, sementara untuk lahan jagung sebesar 85.000 hektar. “Daerah Bolmong adalah lumbung beras di Sulut, apalagi jagung. Ini semua berkat semangat para petani yang ada di Bolmong, dengan begitu saya sampaikan ke Pak Dirjen, sudah seharusnya Bolmong mendapatkan bantuan.

Ditambahkan, dengan melihat luas lahan dan jumlah petani yang ada, dirinya meminta supaya pemberian anggaran lebih proposional. Karena kata Yasti, sejauh ini, di Bolmong hanya mendapatkan ekor dari anggaran yang disediakan setiap tahunnya.

“Kami Pemkab Bolmong sangat membutuhkan bantuan pertahian dari Pemerintah Pusat dan Provinsi. Apalagi PAD kami baru 39 Miliar, yang belum mampu memenuhi kebutuhan masyarakat petani yang ada,” tambahnya.

Sementara itu, Dirjen Prasarana Dan Sarana Pertanian menyambut baik permintaan Bupati Yasti tersebut. Menurutnya, untuk membangun pertanian tidak hanya dilakukan oleh Pemerintah Pusat melainkan Pemerintah Daerah. “Saya menyimak betul apa yang sudah dijelaskan Ibu Bupati. Saya langsung jawab saja keinginan Bupati, untuk alat mesin pertanian, kami tambah  25 unit traktor, Pompa air, excavator 2 unit,” kata Pending Dadih Permana.

Dirinya berharap, dengan diberikan bantuan tersebut, bisa dimaksimalkan oleh masyarakat khususnya para petani. Kiranya bisa dikontrol, sehingga semua bisa menggunakannya. “Bantuan ini bukan untuk pribadi, semua bisa menggunakan. Bukan berarti, siapa yang mengurus, memudian dia yang memilikinya. Sama-sama kita gunakan  dengan baik, dan sama-sama kita kembangkan sektor pertanian kita,” tuturnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Wakil Bupati Bolmong Yanny R Tuuk, Sekda Bolmong Tahlis Galang, Walikota Kotamobagu Ir Tatong Bara, mewakili Gubernur Kepala Dinas Provinsi Sulut, Dandim 1303 Letkol Inf Sigit Dwi Cahyono, Komandan Batalyon Artileri Medan 19/105 Tarik Bogani Letkol Artileri Iron Prasetyo,  Kapolsek Lolak AKP Suharno juga Kepala Perangkat Daerah Bolmong dan Kotamobagu. (*/INDRA)